Monday, March 14, 2011

Pentingkah Mengikuti Pelatihan Wirausaha ?

0 comments
Anda ingin menjadi wirausahawan ? Anda ingin tahu bagaimana kiat menjadi pengusaha sukses ? Begitulah beberapa pertanyaan pancingan yang menggelitik yang dilontarkan sejumlah iklan yang ditawarkan lembaga kursus atau tempat pelatihan wirausaha yang belakangan banyak diselenggarakan. Sebenarnya, untuk menjadi pengusaha, apalagi pengusaha sukses, perlukah kita mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk mengikuti kursus semacam itu ?
Masalah kewirausahaan memang gampang-gampang susah. Persoalan ini bukan saja menyangkut mentalitas entrepreneurship masyarakat kita yang masih rendah, namun juga berkaitan dengan kemampuan akses yang juga lemah. Untuk sekedar menjadi pengusaha itu juga tidak sulit. Apalagi kalau Anda memiliki modal usaha yang cukup, maka bisa langsung terjun menjadi pengusaha.

Motivasi Kewirausahaan
Materi yang diberikan lembaga kursus atau pelatihan wirausaha yang ada tak ubahnya dengan seminar ataupun workshop tentang kiat sukses menjadi pengusaha. Mereka umumnya memberikan motivasi enterpreneurship maupun berbagai teori tentang kewirausahaan. Mereka pun tak jarang menyontek kisah sukses para pengusaha beserta perjuangan yang mereka lakukan untuk meraih sukses.
Begitu juga untuk mendorong dan menumbuhkan semangat berwirausaha, mereka juga memberikan AMT atau achievement motivation training yang mengambil konsep psikologi agar terpacu motivasi berprestasinya. Untuk mengikuti semua teori maupun permainan AMT, pelatihan umumnya diselenggarakan hingga beberapa hari. Bahkan tak sedikit lembaga pelatihan yang diadakan oleh lembaga swasta dilaksanakan hingga satu atau dua semester.
Selain yang diadaan oleh swasta, pemerintah dan Lembaga Swadaya Masyarakat juga sering mengadakan kursus ataupun pelatihan kewirausahaan, khususnya yang ditujukan untuk para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Pelatihan yang diadakan ini malah umumnya bersifat gratis dan menjadi rangkaian dengan program pembinaan UMKM yang dilakukan pemerintah. Termasuk agar pemberian modal usaha untuk UMKM yang diberikan pemerintah dapat memberikan hasil yang optimal dalam mengangkat kemampuan dan daya saing pelaku UMKM.

Jaminan Sukses
Memperhatikan pelatihan wirausaha, baik yang diselenggarakan oleh swasta maupun diadakan oleh pemerintah, tampaknya tak terlalu jauh berbeda. Materi yang diberikan juga kebanyakan bersifat teori dan sekedar menggenjot motivasi. Lantas, apakah dengan mengikuti pelatihan atau kursus wirausaha itu akan menjamin kita menjadi pengusaha yang sukses ?
Sejumlah penelitian juga menemukan bahwa pelatihan atau kursus kewirausahaan semacam itu tidak memberikan hasil yang cukup efektif dalam meningkatkan motivasi peserta. Sejumlah pelaku UMKM yang mengikuti kursus semacam itu juga tidak memberikan perubahan yang berarti dalam menjalankan usahanya. Bahkan tak sedikit pelaku UMKM yang malah mengikuti kursus yang sama hingga berkali-kali dan juga tidak merubah apapun.
Dunia bisnis sesungguhnya merupakan dunia praktis. Pengalaman berbisnis akan terasah bila kita telah merasakan terjun sebagai pengusaha. Uang yang tidak sedikit untuk mengikuti kursus atau pelatihan wirausaha tentunya akan lebih berharga bila dimanfaatkan sebagai modal usaha untuk terjun dan menjalankan bisnis secara riil.
Dari pengalaman praktis inilah seorang pengusaha dapat belajar untuk memperbaiki bisnis. Karena itu, dari pada memberikan teori bisnis dalam kursus, mungkin akan lebih menyediakan jasa konsultasi bisnis untuk memandu para pengusaha, khususnya pelaku UMKM, memperbaiki kesalahan dan meningkatkan daya saingnya.


Sumber:
AnneAhira.com

Comments

0 comments to "Pentingkah Mengikuti Pelatihan Wirausaha ?"

Post a Comment

 

Copyright 2008 All Rights Reserved by Lembaga PUSAT